Hadapi hidup dengan semangatmu...Dan Tersenyumlah pada semua orang...

This Is Me

This Is Me
it's my life

This is Me

The Ordinary Boy

Selasa, 22 November 2011

TUGAS METODE RISET (Tugas ke 5)


Nama: Gerald Jean Claude
NPM : 11209684
Kelas : 3EA12

Globalisasi Ekonomi dan Ekspor
Usaha Kecil  dan Menengah Indonesia

BAB III
METODE PENELITIAN


3.1.      Metode Penelitian
Penelitian ini merupakan studi kasus mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja ekspor usaha kecil menengah(UKM) dari tahun 1980-2000

3.1.1. Jenis dan Deskripsi Data
Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah :

a. Data Pertumbuhan Ekpor

b. Total nilai ekspor

c. Kinerja Ekspor

d. Data-data lain yang mendukung penelitian ini


3.1.2. Sumber Data
Sumber data diperoleh dari urata(2000) dan BPS, Depperindag, sek.APEC, dan sumber-sumber lain yang berhubungan dengan penelitian ini.





3.2. Metode Analisis
3.2.1. Metode Analisis Data
Berdasarkan tujuan penelitian dan pengujian hipotesis yang telah dikemukakan, akan digunakan model analisis deskriptif, analisis regresi, bentuk model penelitian melalui pendekatan ekonometrika, serta uji linieritas.

a. Analisis Deskriptif
Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data tahunan, dimulai pada tahun 1980 hingga tahun 2001. Penyajian data mengenai perkembangan pertumbuhan ekonomi menggunakan data pertumbuhan ekspor, karena data ini merupakan indikator tingkat pertumbuhan ekonomi. Data tentang ekspor, yang digunakan adalah total nilai ekspor. Selanjutnya untuk data kinerja ekspor yang digunakan adalah kinerja ekspor UKM di negara asia. Metode yang didasarkan pada analisa ini adalah dengan pendeskripsian faktor-faktor yang berhubungan dengan permasalahan yang dimaksud sebagai pendukung hasil dari analisis metode kuantitatif.

b. Analisis Regresi
Analisis ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh antara variabel terikat (untuk selanjutnya disebut dependen variabel) dengan satu atau lebih variabel bebas (untuk selanjutnya disebut independen variabel). Sebagai variabel dependen adalah pertumbuhan ekspor. Sedangkan variabel independennya adalah investasi, total ekspor, dan kinerja ekspor.

c. Model yang diusulkan
Model analisis yang diusulkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
a. ICC= (ekspor-import)/(ekspor+impor)
b. Secara implisit indeks ini mempertimbangkan sisi permintaan dan sisi penawaran sejak (ekspor – impor) identik dengan suplai domestik – permintaan domestik, atau sesuai teori perdagangan internasional yakni teori vent for surplus, ekspor dari suatu barang terjadi apabila ada kelebihan atas barang tersebut di pasar domestik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar