Hadapi hidup dengan semangatmu...Dan Tersenyumlah pada semua orang...

This Is Me

This Is Me
it's my life

This is Me

The Ordinary Boy

Minggu, 23 Oktober 2011

TUGAS METODE RISET (Tugas ke 3)


Nama: Gerald Jean Claude
NPM : 11209684
Kelas : 3EA12

Globalisasi Ekonomi dan Ekspor
Usaha Kecil  dan Menengah Indonesia


BAB I
PENDAHULUAN


1.1              Latar Belakang

Globalisasi dari sisi ekonomi adalah suatu perubahan dunia yang bersifat mendasar atau struktural dan akan berlangsung terus dalam Iaju yang semakin pesat sesuai dengan kemajuan teknologi. Dalam era globalisasi peran transportasi dan komunikasi sangat penting, yang dapat menyebabkan terjadinya penipisan batas-batas antar negara ataupun antar daerah di suatu wilayah.
Era globalisasi membuka peluang sekaligus tantangan bagi pengusaha Indonesia termasuk usaha kecil, karena pada era ini daya saing produk sangat tinggi, live cycle product relatif pendek mengikuti trend pasar, dan kemampuan inovasi produk relatif cepat. Ditinjau dari sisi ekspor, liberalisasi berdampak positif terhadap produk tekstil/pakaian jadi , akan tetapi kurang menguntungkan sektor pertanian khususnya produk makanan.
Kinerja ekspor UKM lebih kecil dibandingkan dengan negara tetangga seperti malaysia, Filipina dan UKM, baik dalam hal nilai ekspor maupun dalam hal divesifikasi produk. Ini menunjukkan ekspor produk UKM Iebih terkonsentrasi pada produk tradisional yang memiliki keunggulan komparatif seperti pakaian jadi, meubel.
Mengingat ketatnya persaingan yang dihadapi produk ekspor Indonesia termasuk UKM, maka Indonesia mengambil langkah-langkah strategis, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Langkah-langkah strategis jangka panjang diantaranya diarahkan untuk mengembangkan sumber daya manusia, teknologi dan jaringan bisnis secara global. Sedangkan langkah-langkah strategis jangka pendek diantaranya, melakukan diversifikasi produk, menjalin kerjasama dengan pemerintah dan perusahaan besar, produksi, memperkuat akses ke sumber-sumber informasi dan perbaikan mutu.   

1.2              Perumusan Masalah

Adapun masalah-masalah yang dapat dirumuskan adalah sebagai berikut :

1.      Bagaimana fenomena globalisasi ekonomi di dunia?
2.      Apa dampak dari globalisasi ekonomi?
3.      Bagaimana kinerja ekspor UKM Indonesia?
4.      Langkah-langkah strategis apa yang mesti dilakukan melihat kenyataan bahwa produk-produk ekspor Indonesia, dan IKM pada khususnya menghadapi persaingan yang semakin berat ?


1.3              Tujuan Penulisan

Tujuan dari tulisan ini yaitu:
1.      Menganalisis apa itu fenomena globalisasi ekonomi
2.      Mengetahui dampak yang terjadi akibat dari globalisasi ekonomi
3.      Melihat kinerja ekspor UKM di Indonesia
4.      Menetapkan langkah-langkah strategis yang harus dilakukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar